Selasa, 13 Maret 2012

5 MACAM CARA OLAH RAGA YANG SIA-SIA

Beberapa kegiatan seperti berenang, berjalan, menari mungkin dapat Anda terapkan sebagai aktivitas sehat sehari-hari Anda. Akan tetapi, seperti dilansir Shine, ada beberapa aktivitas selama berolahraga yang tidak menyehatkan, malah dapat berdampak cedera pada tubuh Anda. Here we go!

1. Sit up tak terkontrol

Sit up memang dipercaya dapat membentuk bagian tubuh Anda terutama perut. Akan tetapi, suatu kesalahan bagi Anda yang melakukan sit up dalam jumlah yang tak terkontrol. Sit up berlebihan dapat menghilangkan oksigen dari otot-otot Anda. Dan pastinya, berkurangnya oksigen pada tubuh bukan merupakan hal yang baik. Sebaiknya sit up dilakukan dalam 3 set antara 10 sampai 15 kali. Namun, itu pun tak menjamin bagi Anda untuk mendapatkan perut sixpack. Lantas? selingilah kegiatan sit up Anda dengan kardio dan diet teratur. Semakin banyak otot yang Anda miliki, semakin banyak kalori yang akan Anda bakar.

2. Olahraga sebelum pemanasan

Anda yakin, bahwa pemanasan bukanlah hal yang penting dalam tatanan aktivitas berolahraga? Bayangkan gulali yang sedang dingin, dan Anda pecah menjadi dua tanpa adanya pemanasan terlebih dahulu. Krakk, gula itu akan pecah begitu saja, sama halnya dengan otot. Ketika Anda hendak melakukan aktivitas berat tanpa disertai pemanasan terlebih dulu, maka otot Anda akan mengalami cedera tingkat tinggi. Anda akan merasakan keram yang sangat menyakitkan, akibat otot yang kaget dengan aktivitas berat tanpa harus melenturkan otot itu terlebih dahulu.

3. Memberi beban pada tangan ketika berjalan

Pada saat Anda melakukan hal ini secara cepat dan bersamaan, resiko cedera pada otot Anda akan semakin tinggi. Mungkin Anda pikir, dengan bekerjanya seluruh bagian tubuh Anda dalam berolahraga dapat langsung menyehatkan secara menyeluruh? Tidak benar, menambahkan beban pada tangan Anda ketika sedang berjalan cepat malah akan memberi berdampak buruk pada bagian siku Anda. Lakukanlah secara teratur dan bertahap.

4. Membungkuk pada mesin cardio

Mungkin dalam berolahraga dengan mesin cardio, Anda akan sesekali merasakan kelelahan. Namun, dengan tekad besar untuk berolahraga, hal itu tak dapat membuat Anda berhenti untuk istirahat sejenak. Pada akhirnya? Anda akan membungkuk dengan harapan dapat sedikitnya mengurangi berat badan Anda dengan siku yang menopang berat badan Anda.

Jangan biarkan hal ini terjadi, tahukah Anda, bahwa hal ini dapat menyebabkan pergeseran tulang belakang pada tubuh Anda. Tak hanya itu, bahu yang tadinya menopang berat tubuh Anda akan menjadi tegang, yang pada akhirnya dapat menyebabkan cedera atau keram jangka panjang.

5. Membatasi olahraga pada area tertentu

Mustahil bagi Anda untuk melakukan satu olahraga saja agar seluruh tubuh menjadi lebih ideal. Hanya memberikan olahraga pada bagian tubuh tertentu bukanlah merupakan hal yang harus dilakukan. Untuk memiliki tubuh yang sempurna, penting bagi Anda untuk menyeimbangkan antara olahraga yang satu dengan yang lainnya. Dengan diiringi cardio, lari pagi, dan diet yang sehat, maka tubuh impian akan menjadi milik Anda.

Well ladies, tubuh impian yang Anda inginkan dapat dicapai dengan berbagai olahraga yang rutin. Namun, ada baiknya jika Anda memperhatikan kesehatan dengan banyak mencari informasi mengenai aktivitas berolahraga apa saja yang tak mempunyai dampak buruk bagi tubuh Anda.

Tidak ada komentar: