Kamis, 05 April 2012

TEKS NASKAH DRAMA MUSIKAL - SITI NURBAYA

 Narator            : Legenda cerita rakyat yang mengisahkan tentang jalinan kasih yang tak sampai antara sepasang insan yang berujung pada kawin paksa. Sang pria bernama Syamsul Bahri, selain berwajah tampan juga berasal dari keturunan orang terpandang. Bapaknya adalah seorang Penghulu yang terpandang, yakni Sutan Mahmud. Si gadis bernama Siti Nurbaya, berparas jelita, berambut panjang bak mayang terurai serta santun budinya anak dari Baginda Sulaiman. Jalinan cinta Siti dan Syamsul sangat direstui oleh kedua orang tuanya yang masih punya hubungan kekerabatan. Sutan Mahmud ayah Syamsul Bahri adalah Mamak Siti Nurbaya.
Setelah menamatkan sekolah tingkat atas, Syamsul Bahri melanjutkan sekolah calon Dokter di pulau Jawa untuk menatap masa depan yang lebih cerah.
 Di Taman – Sore Hari
Siti Nurbaya     : Kemana ya uda syamsul, kita kan sudah membuat janji di sini.. ( sambil menengong kanan kiri )
Syamsul              : Adhinda ku Siti Nurbaya…
Siti Nurbaya     : Akhirnya uda datang juga, ada apa uda ingin bertemu dengan ku ?
Syamsul            : Kamu tau kan ? Setelah aku selesai sekolah di sini, aku akan pergi ke Jakarta untuk melanjutkan sekolah ku Dinda..?
Siti Nurbaya     : Tentu saja aku tau, aku sangat sedih mendengar itu uda, tapi demi kebaikan mu aku akan bertahan untuk menunggu kembali nya dirimu…
Syamsul            : Aku hanya pergi tuk Sementara, bukan tuk meninggalkan mu selamanya. Aku pasti kan kembali pada dirimu, tapi kau jangan nakal, aku pasti kembali… ( pasto )
Siti Nurbaya     : ku akan menanti meski harus penantian  panjang ku akan tetap setia menunggu ku tau kau hanya untukku……… (Nikita Willy)
Syamsul            : Dhinda, 1 minggu lagi aku akan mendapatkan Rapot ku, dan kemungkinan 1 minggu kedepannya aku akan berangkat ke Jakarta jika nilai ku memuaskan…
Siti Nurbaya     : Santai aja uda, aku pasti nungguin kamu kok, 2 minggu lagi kan ? sip sip…
Syamsul            : Terimakasih ya Dhinda atas pengertian mu…
Siti Nurbaya     : ( Mengangguk )
Narator            : Meninggalkan Lokasi…
Narator             : 1 Minggu kemudian di rumah Siti Nurbaya, hanya kesedihan yang dia rasakan karena pujaan hati nya akan meninggalkan dirinya dalam jangka waktu yang cukup panjang…
Siti Nurbaya     : Kenapa ya ? uda Syamsul harus kuliah di Jakarta ? Kenapa tidak di Padang saja ??
Narator            : Tanpa di sadari Siti Nurbaya, Uda Syamsul mengintip dari jendela…
Syamsul           : Oohh maaf, maafkan diriku, yang telah membuat, hatimu terluka, hanya kau cintaku, ku tak pernah fakir, tuk pergi darimu, walau hanya, sekejap saja… ( Rio Febrian )
Siti Nurbaya     : Ku ingin kau tau isi hatiku kau lah yang terakhir dalam hidupku, tak ada yang lain hanya kamu tak pernah ada tak akan pernah ada ………. (Geisa)
Syamsul            : Aku ingin engkau slalu, hadir dan temani aku, di setiap langkah, yang meyakiniku, kau tercipta untukku, sepanjang hidupku… ( Ungu )

Siti Nurbaya     : Aduuh uda Syamsul, So Sweeet…
Syamsul            : Ah dhinda bisa saja, maaf ya uda ngintip gak bilang bilang ?
Siti Nurbaya     : Mana ada ngintip bilang bilang ?
Syamsul            : Hehehe, yaudah Uda pulang dulu ya dhinda, See Uu..
Siti Nurbaya     : Cee Uu..
Narator            : Akhirnya, minggu yang tidak di harapkan datang, minggu pembagian rapot… Di Taman Sore Hari siti Nurbaya sedang duduk dikursi, dia sedang menunggu Syamsul Bahri.
Siti Nurbaya     : Uda…, senang sekali wajah nya, coba coba liat Rapot nya.. ( melihat Rapot ) waaahhh bagus sekali…
Syamsul            : Yo`i Laahhh.. Uda GettoCh !!
Siti Nurbaya     : Berarti, uda jadi pergi ke Jakarta ??
Syamsul            : Jadi donk .. udah gak sabar nih…
Siti Nurbaya     : ( Hanya tersenyum )
 Syamsul            : Dhinda, aku ingin bertanya, sebelum aku pergi, aku penasaran sekali, dari pada nanti aku jadi setan penasaran…
 Siti Nurbaya     : Waduh ? Apa tuh ?
 Syamsul            : Why… Do you love me ?? So Sweet… And Tenderly ?? ( Rio Febrian )
 Siti Nurbaya     : Takdir bang !
 Syamsul            : Ahh! Jawaban yang tidak di harapkan…
 Siti Nurbaya     : Hehehe…
 Syamsul            : Besok pagi aku akan pergi ke Jakarta…
 Siti Nurbaya     : Cepat sekali uda ?
 Syamsul            : Biar lebih cepat kembali nya juga, hehehe…
 Siti Nurbaya     : Besok pagi kita bertemu di Teluk Bayur ya uda, aku ingin mengantarmu…
 Syamsul            : Oke dhinda… Yuk uda antar pulang…
 Siti Nurbaya     : Yukk…
Narator            : Ke`esokan harinya di Teluk Bayur Siti Nurbaya menunggu Syamsul dan dia sangat sedih karena sekarang  Syamsul Bahri akan pergi ke Jakarta, walaupun sedih tapi dia tetap mencoba untuk tersenyum.
Siti Nurbaya     : Aahh masa aku duluan yang sampe, Dasar pemalas, uda yang mau pergi aku yang nyampe duluan…
 Syamsul            : Santai donk Dinda.
 Siti Nurbaya     : Bagaimana uda ? Apakah sudah siap semua ?
 Syamsul            : Udah donkz, tinggal menunggu keberangkatan saja dhinda…
 Siti Nurbaya     : Memang jam berapa berangkatnya ??
 Syamsul            : Jam 9.15
 Siti Nurbaya     : ( Melihat Jam ) Sekarang kan jam 9.00, 15menit lagi berarti ya uda ?
Syamsul            : Iya dhinda ku sayang…
Siti Nurbaya     : Bawa daku pergi, saat kau kembali, bawa daku pergi, bersamamu… ( Ruth Sahanaya )
Syamsul            : Sungguh setia nya pujaan hati uda ini..
Siti Nurbaya     : ( Tersipu Malu )
 Syamsul           : Yasudah, uda berangkat dulu ya Dhinda ku tercinta…
 Siti Nurbaya     : Iyah.. Hati hati ya Uda ku sayang… ( Cium Tangan )
 ( Sama sama melambaikan tangan )
Siti Nurbaya     : Selepas kau pergi tinggalah disini ku sendiri, ku merasakan sesuatu yang telah hilang didalam hidupku……….. (Laluna)
Narator            : Musibah datang mendera keluarga Siti Nurbaya, usaha dagang ayahnya mengalami kebangkrutan, hingga jatuh miskin dan Baginda Sulaiman akhirnya jatuh sakit. Beliau akhirnya meminjam uang kepada seorang rentenir yang berbadan Besar dan suka beristri banyak bernama Datuk Maringgih. Hutang Baginda Sulaiman akhirnya bertumpuk dan berbunga pada Datuk Maringgih.
Sulaiman           : Uhuk uhuk uhukk… saayyang… bagaimana kita sekarang ini ?? Hutang kita sudah banyak sekali kepada datuk maringgih…
 Ny.Sulaiman      : Adooo sayaang,,si gendut laknat itu ? biarkan sajalah… nanti kalau kita mati kita tidak perlu bayar hutang lagi kan… bunuh diri yuk yuk…
Sulaiman           : Bunuh diri tidak menyelesaikan masalah…
Ny.Sulaiman      : Hmmm,dosa ya sayang ??
 Sulaiman           : Ya iyalahh sayangg…
 Ny.Sulaiman      : Ooo…
 Sulaiman            : udah tua masih aja nge`gemesin !!
 Ny.Sulaiman      : (Meleet )
 Sulaiman           : Sudah sudah… Kemana anak kita ?
 Ny.Sulaiman      : Lagi nyapu noh di depan…
 Sulaiman           : Ooo yasudalah…
 Narator            : Suatu hari Datuk Maringgih pergi kerumah Baginda Sulaiman yang sedang sakit untuk menagih piutangnya. Disanalah Datuk Maringgih terpesona melihat kecantikan Siti Nurbaya. Datuk Maringgih memaksa Baginda Sulaiman untuk menjadikan Siti Nurbaya sebagai istri mudanya kalau ayah Siti Nurbaya tak sanggup untuk membayar hutangnya.
Maringgih         : Hey kau ! Kesini ! Aku ingin menagih hutang ku pada si sulaiman itu ! Cepat kamu dampingi saya kesana !
Istri Kedua       : Oke Tuk…
Maringgih       : Wala Dalaa…. Ayu tenan rekkk…
Istri Muda        : Tuk !! Ente orang Padang apa Jawa ??
 Maringgih       : Bawel lu !!
Istri Kedua       : ( Ingin Jitak Dari Belakang )
Maringgih        : chaiya-chaiya………………………
Istri Kedua        : ( Joget Joget )
Maringgih         : Akan ku nikahkan dia !! Jika tidak bisa !! Jangan panggil aku “ DATUk MARINGGIH “ !!
Istri Kedua           : Caranya Bos?
Maringgih             : Easy coy !! Mari kita masuk ke dalam…
( berjalan beberapa langkah )
 Maringgih         : Haiii cantikk… mwaaachh…
 Siti Nurbaya     : NAJIZ !! Brrrr…
 Maringgih         : Sombong sekalii…
Siti Nurbaya     : Bodo !!! Cuih !!
 Maringgih         : Awas kao !!
 ( Masuk ke Dalam Rumah )
 Maringgih         : Sulaimaaaaaaaan !! Cepat kesini !!
 Ny.Sulaiman      : Berisiiikkk tau gak lo !!
 Maringgih         : ( Berbicara kepada Istri Kedua) Buset ngeri amat nih nenek nenek…
Istri Kedua          : ( ………. )
 Maringgih         : Mana Sulaiman ??
 Sulaiman           : Apooo datuk ??
 Maringgih         : Mana hutang mu ?? Aku ingin sekarang di bayar !! Tidak mau tahu bagaimanapun caranya !!
 Sulaiman           : Mana bisa aku bayar begitu banyak dengan cepat ?
 Maringgih         : Aku tidak mau tau !!
 Ny.Sulaiman      : Bunuh diri aja yuk sayang…
 Sulaiman           : Yuukk…
 Maringgih         : Lah lah lah ?? Aku berikan Tawaran !! Kawinkan anak mu dengan ku !! Maka semua hutang mu akan “ LUNAS “ !!
 Sulaiman           : Apakah anak ku mau dengan orang tua seperti mu ?? Lagi pula dia sudah punya kekasih yang bernama Syamsul Bahri.
 Ny.Sulaiman      : Betoel itu.. mana mauu dia dengan orang sepertimu genduutt…
 Maringgih         : Kuurrraaannggg ajjjiiiiiaaarrrrrr !!!!!!!!!!!! Pokok nya besok mau tidak mau anak mu harus menikah dengan ku !! TIETIEKKK !! Ayo Kita pergi !!!!
 Ny.Sulaiman      : Hus Hus Hus !!!!
 Narator               : Terjadilah perdebatan anatara Baginda Sulaiman, Nyonya Sulaiman dan Siti Nurbaya…
Sulaiman            : Sayang, panggil Siti kesini dong…
 Ny.Sulaiman      : Sitiiiiiiiiiii !!!!!!!!!!!!!
 Sulaiman           : Berisiiikk gak bisa pelan pelan apa ?!
 Ny.Sulaiman      : Bawel dehh..
 Siti Nurbaya     : Ya Ayah ? Ibu ?
 Sulaiman           : Kami ingin meminta tolong kepadamu, demi kelangsungan hidup kami…
 Siti Nurbaya     : Selama siti bisa, pasti siti lakuin…
 Sulaiman           : Kamu menikah dengan Datuk Maringgih…
 Siti Nurbaya     : UAPA? AAAAAAAAAAAA????????!!!!!
 Ny.Sulaiman      : Lebay tau gk…
 Siti Nurbaya     : Tapi ayah, ibu, aku sudah mempunyai calon, yaitu Syamsul Bahri, orang yang paling aku cinta…
 Sulaiman           : Tapi ini demi kami semua, kami juga tidak mau kamu menikah dengan datuk maringgih, tapi apa yang bisa ayah perbuat?
 Ny.Sulaiman      : Siti, ini permohonan terakhir ayah dan ibu…
 Siti Nurbaya     : Huuuffh… baiklah aku mau…
 Narator            : Dengan hati yang sangat tersiksa, akhirnya Siti Nurbaya pun menerima nya, dan terjadilah hari lamaran itu…
 Maringgih         : Akhirnya… biarkan hutang itu lunas, asalkan aku bisa memiliki Siti Nurbaya, Hahahahaha….
  Maringgih         : Jangan jangan kau menolak cintaku, Jangan jangan kau ragukan hatiku ,Ku ‘kan slalu setia menunggu, untuk menjadi suami mu… ( ST 12 )
 Siti Nurbaya     : ( …… )
 Narator            : Namun kabar tersebut sampai ke telinga Syamsul Bahri, hatinya sangat sedih dan mencoba bunuh diri.
 ( Kost`an Syamsul Bahri )
Syamsul            : Hancur hatiku mengenang dikau, menjadi keping-keping
setelah kau pergi ,tinggalkan kasih sayang yang pernah singgah antara kita,
masihkah ada sayang itu… ( Ahmad Dhani )
Narator            : Suatu hari Syamsul Bahri pulang ke Padang dan bertemu degan Siti Nurbaya
Syamsul         : Dimanakah Siti Nurbaya sekarang ? Aku ingin sekali bertemu dengannya, aku ingin penjelasan se jelas jelas nya dari dia… ( Berjalan 2 – 3 langkah )
 Siti Nurbaya    : ( Sedang berdiri tidak jelas )
Syamsul            : Sepertinya aku kenal dengan perempuan cantik itu… ( berjalan 1 langkah ) Nurbaya ! Itu Siti Nurbaya ! ( Menyapa Siti Nurbaya ) Sitiiiiiiii…. Kamu Siti kamu Siti kan ??
 Siti Nurbaya     : ???? Iya aku Siti Nurbaya… Ada apa ?
 Syamsul           : Aduh sombong nya kamu… kamu tidak ingat aku ??
 Siti Nurbaya      : HaH ??
 Syamsul            : Semua kata rindu mu semakin membuat ku tak berdaya…
 Siti Nurbaya     : Itu kan surat 1 tahun lalu yang aku kirimkan kepada Uda Syamsul, Berarti kamu ?
 Syamsul            : ya… aku Uda Syamsul Siti
 Siti Nurbaya     : Uda ?? Waaaa…. Senang sekali aku bertemu dengan mu kembalii…
 Syamsul            : Aku juga Sitii… Hahahahaha…
 Siti Nurbaya     : Tapii…
 Syamsul            : Aku tahu kok, kamu menikah dengan rentenir gendut itu, bagaimana bisa kamu menikah dengan rentenir gendut itu ?
 Siti Nurbaya     : Ayah ku bangkrut dan akhirnya berhutang kepada datuk maringgih, dan akhirnya berbunga dan berbunga, karena tidak bisa bayar, aku di paksa menikah oleh datuk maringgih…
 Syamsul            : Sungguh laknat orang gendut itu !
 Siti Nurbaya     : Maafkan aku uda, aku tidak bisa berbuat apa apa…
Syamsul            : Tenang aja Siti, aku akan membalas si gendut itu ! Aku berjanji kepadamu !!
 Siti Nurbaya      : Tapi… Bagaimana caranya ??
Syamsul            : Sudah kau jangan pikirkan caranya biarkan saja aku yang mengerjakan semua ini
 Siti Nurbaya     : Yasudah aku harus segera kembali pulang, agar dia tidak marah marah dengan ku lagi…
 Syamsul            : Hati hati ya Siti…
Narator            : Tanpa di sadari… Datuk maringgih yang mendengar pembicaraan itu, langsung naik Pitam ! Datuk maringgih berniat untuk mengusir syamsul bahri dari Padang ! Dia menyebar fitnah melalui istri tua nya…
 Maringgih       : Kurrang ajar !!
 Istri Tua          : Aduuuuuuhhh !! Ada apa sih berisik banget… tidak tau apa mama lagi Medi Pedi ??
Maringgih       : Mah, kurrang ajar si Siti itu, dia berani berani nya bertemu dengan si Syamsul lagi, dan si syamsul berencana untuk membalas ku !!
Istri Tua              : Ahh itu mah urusan mudah papii… lihat aksi istri mu ini…
Narator            : Tersebarlah gosiip kalau Syamsul telah memperkosa Istri Tua datuk maringgih….
 Syamsul            : Ayaahh ibuu.. ini pesanan makanan pesanan kalian…
 Mahmud            : JANGAN PANGGIL AKU DENGAN SEBUTAN AYAH !!! KAU BUKAN ANAK KU !!!
 Ny.Mahmud       : Ayah sabar ayah…
Mahmud            : Aku tidak punya anak yang seperti ini ! Anak tidak bermoral tidak berpendidikan ! Percuma aku membiayai nya mahal mahal ! Anak DURHAKA !! Pergi Kau !! PERGIII !!!
 Ny.Mahmud       : Jangan ayah.. kasian Syamsul, tolong ayah, kasih dia untuk memberikan penjelasan…
Mahmud            : Penjelasan ?? Tidak BUTUH !!! Mau di taro mana Muka ayah ???
Ny.Mahmud       : Ya di kepala masa di jidat ? Ayolah ayah berikan dia kesempatan lagii… kesempatan untuk menjelaskan saja…
Mahmud            : Tidak perlu ! PERGI KAMU ! PERGI !!!
Narator            : Akhirnya Syamsul Bahri diusir oleh kedua orang tuanya, ketika dalam perjalanan pergi, ia bertemu dengan Datuk Maringgih
 Syamsul           : Hey kau orang Gaptek, apa yang sudah kau lakukan terhadap istriku ini?
Maringgih         : Terserah aku saja aku bisa melakukan itu semua dengan uang,jika aku tidak bisa melakukan itu semua jangan panggil aku DATUK MARINGGIH !!!
Syamsul            : Tapi semua itu adalah uang haram……
Maringgih         : Sekarang Apa mau mu?
Syamsul            : Aku ingin bertarung dengan kau esok hari, sore aku tunggu kau di Desa Tanjung…..!?
Maringgih         : Ok, aku tunggu kedatanganmu !
Narator            : Keesokan harinya terlihat datuk Maringgih sedang berbicara dengan istri tuanya….
Istri  Tua           ; Mau kemana kau?
Maringgih         : Sudah diam kau ? ini urusan laki-laki !!
Istri Tua            ; Tapi kau mau kemana?
Maringgih         : Aku mau bertarung dengan Syamsul Bahri di Desa Tanjung..!
Narator            ; Akhirnya Datuk Maringgih pergi untuk bertarung dan tanpa Maringgih ketahui Siti melihat ia meninggalkan rumah dan Siti Nurbaya pun bertanya kepada Istri Tua..
Siti Nurbaya    : Kemana Datuk Maringgih..?
Istri Tua            : Dia pergi ingin bertarung dengan Syamsul Bahri di Desa Tanjung..!
Narator            : Akhirnya Siti pun pergi ke Desa Tanjung.
Siti Nurbaya     : Dimana Uda Syamsul ?
Narator            : Akhirnya Siti pun melihat Syamsul Bahri dan Datuk Maringgih sedang bertarung.
Siti Nurbaya     : ( Sambil Berlari) Uda awaaaaaaaas ……?
Narator            : Dan akhirnya Siti Nurbaya pun tertembak oleh Datuk Maringgih, Siti Nurbaya langsung terbaring kesakitan di pangkuan Syamsul Bahri, Syamsul Bahri pun marah dan dia langsung mengambil pistol yang ada di saku celananya dan dia langsung menembaknya kepada Datuk maringgih….. ( Dor-Dor-Dor) Datuk maringgihpun tertembak. Syamsul Bahri  menangis dan menyebutkan-nyebut nama Siti Nurbaya.
Syamsul            : Hik-Hik-Hik…. (Pegang tangan Siti) Dinda……….  Dinda, kenapa kau harus mempertaruhkan nyawamu demi Uda Dinda,.? Uda sangat kehilanganmu Dinda ?? jangan tinggalkan Uda Dinda ??? Dinda………………….!?!
Narator            : Tanpa Syamsul Bahri sadari, Datuk Maringgih yang sudah hampir mati itu menembak dia dan akhirnya Syamsul pun meninggal.

                                                                 By : Abrori Minhad, S.Pd.I

2 komentar:

MryApr mengatakan...

maaf bang, boleh ya minta izin ngambil ceritanya dikit buat nambah yang udah mer bikin naskahnya ..
makasih ..

Deris mulk mengatakan...

Izin Save Kak