Jumat, 06 April 2012

Cara Membuat Blog


Kenalan yuk apa itu Blog?

Sebelum kita mengetahui bagaimana cara membuat blog gratis dan mudah, ada baiknya kita kenalan dulu yuk apa itu blog. Kan ‘gak kenal maka gak sayang‘ kataeee, hehehe. Tidak lain karena pengguna internet semakin banyak, semakin banyak pula yang berminat punya blog.
Perhatian : dalam artikel ini banyak tulisan seperti ini: -=Cara Membuat Blog=- abaikan tulisan ini yaa.. Ini hanya keyword yang saya paksakan agar kuat di serp Google. Sehingga banyak yang bisa membuat blog dengan gratis.
Blog merupakan singkatan dari dua kata, yaitu web dan log. Kurang lebih menurut om Wikipedia demikian, Blog adalah merupakan aplikasi dalam sebuah web yang berupa tulisan-tulisan dan diletakkan pada halaman web umum. Situs web berjenis blog ini biasanya dapat di akses oleh semua pengguna internet. -=Cara Membuat Blog=-

cara membuat blog gratis

Langkah pertama dalam membuat Blog di Blogspot tentu kita harus memiliki akun di email entah itu gmail atau yahoo. Kemudian melakukan pendaftaran untuk memberi nama Blog dan URL blog kita, dan terakhir adalah mengisi posting atau konten untuk blog kita. Dari ketiga langkah di atas, mengisi Posting atau konten tentu menjadi hal yang paling sulit diantara langkah yang lain. Sehingga banyak orang yang melakukan cara Instan yaitu Copy Paste artikel dari Blog orang lain. Jelas ini tindakan yang kurang terpuji, apalagi jika orang yang punya artikel tidak mengijinkan.
Kembali kemasalah cara membuat blog, sebelum memutuskan untuk membuat blog, ada hal yang harus kita perhatikan agar nanti kedepannya blog kita bisa sukses. Yaitu luruskan niat kita ngeblog, apa tujuan utama kita ngeblog? Apakah Supaya terkenal, Apakah supaya kelihatan hebat jika teman-teman kita tau kalau kita punya Blog? Apakah kita ngeblog ingin cari duit ? dan alasan-alasan lainnya. Jika kita sudah memutuskan satu alasan mengapa kita ngeblog, maka tentukan satu tema tentang Blog yang ingin kita buat.

Berikut ini langkah-langkah membuat Blog:

1. Langkah pertama membuat blog syaratnya adalah memiliki email. Bisa dari yahoo ataupun Gmail. tapi usahakan menggunakan email milik Google yaitu Gmail. karna akan mempermudah kita nantinya dalam proses pendaftaran blogspot maupun adsense. Untuk yang belum memiliki akun email, agan bisa coba ikuti tutorial :
2. Yang sudah memiliki akun email selanjutnya buka alamat Blogger/Blogspot http://blogger.com untuk mulai mendaftar. Jika sudah akan nampak seperti gambar dibawah ini:
3. Lalu Klik GET STARTED. Dan akan nampak seperti gambar dibawah ini: 
Masukkan alamat Email yang telah dibuat/sudah ada. Lalu Ketik ulang alamat emailnya. Jika sudah masukkan password blog yang akan agan buat. usahakan passwordnya rumit terdiri dari huruf kecil besar dan angka dan mudah diingat. Lalu ketik ulang passwordnya/sandi. Selanjutnya isi nama tampilan blog agan (yaitu penulis blog, sesuaikan dgn nama agan/bebas). Lalu masukkan tanggal lahir agan dipisah dengan tanda (/). selanjutnya masukkan kode2 yang diberikan dan ketikkan ulang pada kolom yang telah disediakan. dan terakhir centang kotak penerimaan persayaratan. Jika telah benar semua maka berlanjut ke sesi berikutnya. KLIK LANJUTKAN. Dan berlanjut ke tampilan berikutnya seperti gambar dibawah ini :
4. Judul Blog. isilah sesuai dengan keinginan agan. judul blog adalah judul keseluruhan blog yang akan diletakkan di bagian heading Blog kita. contoh: Tutorial Blog, Free Download Software, Gudang MP3 & Lirik, Make Your Soundrenaline, dsb. Selanjutnya membuat alamat blog yang akan kita buat (URL). contoh: abyfarhan7.blogspot.com, kampusfriends.blogspot.com, soundren4line.blogspot.com dsb. dan cek ketersediaan, apakah alamat yang kita buat  tersedia atau tidak, jika tidak coba lagi dengan kata-kata yang yang tersedia dari blog atau coba kata lainnya yang menarik, jika tersedia KLIK LANJUTKAN untuk ke proses berikutnya. Dan akan nampak seperti gambar dibawah ini :
5. Proses selanjutnya yaitu pemilihan Template Blog, Pilih template blog yang telah disediakan blogspot. jika sudah KLIK LANJUTKAN. dan selamat blog yang anda buat telah jadi !!!
6. Lalu mulailah Blogging dengan memasukkan artikel yang ingin agan buat, bisa berupa teks, gambar juga video. dan seperti inilah tampilan untuk memposting artikel.
Tampilan Lama
Tampilan Baru
7. masukkan judul postingan/artikel, isi artikel agan yang ingin dibuat pada kotak besar entri, dan sebuah entri dapat dikelompokkan atau kata kunci dengan menggunakan label. dan jika sudah terbitkan entri. dan jadilah postingan blog pertama agan. Dan entri artikel yang agan buat akan nampak dihalaman utama Blog, Contohnya seperti gambar dibawah ini :

Selamat, Sekarang anda telah memiliki sebuah Blog sendiri. Blog bisa diisi untuk sekedar sharing ilmu, Mencari Uang, atau untuk meningkatkan bisnis kita. Cara membuat blog memang tidak sulit, tidak sampai 5 menit, kita sudah bisa memiliki Blog sendiri.

Tidak ada komentar: